Ditinggal Sponsor Besar, Prize Pool King Pro League 2019 Menurun

Rendy Lim
06/03/2019 16:13 WIB
Ditinggal Sponsor Besar, Prize Pool King Pro League 2019 Menurun
King Pro League 2019

Tencent Games baru saja mengumumkan akan kembali menyelenggarakan turnamen untuk gim paling populernya, Honor of Kings. King Pro League (KPL) 2019 Spring Season dengan prize pool 1.19 Juta USD, lebih rendah dibanding edisi sebelumnya pada KPL Fall 2018 tahun lalu. 

KPL Spring Season menurunkan prize poolnya sekitar 500.000 USD atau 7 milyar Rupiah dari 1.72 Juta USD pada KPL Fall 2018 kemarin. 

Meskipun Tencent Games tidak memberikan alasan jelas tentang penurunan prize pool ini, tapi asumsinya terjadi karena hilangnya tiga sponsor utama pada KPL Spring Season 2019. Sponsor yang ada dalam KPL Spring Season tahun ini adalah Vivo, HLA Jeans, gum brand 5, Saic-Volkswagen T-Cross, dan Tongyi Ice Tea

Tiga brand yang tampak menghentikan kerjasamanya dengan KPL adalah McDonald’s, Shanghai Pudong Development Bank, dan M&M.  Selain penurunan prize pool, jumlah pertandingan yang sempat mencapai 140 match juga akan berkurang jadi 105 match pada KPL Spring Season

Meskipun mengurangi jumlah prize pool dan pertandingan, KPL Spring Season menambah slot jumlah tim partisipan hingga 15 tim serta tetap mempertahankan konsep turnamen 'west vs east'. Slot ini bertambah ketika VG Gaming memutuskan untuk ikut berpartisipasi dalam KPL sebagai east team. Home venue untuk West Team adalah VSPN Esports Center di Chengdu, Cina. Sedangkan East Team di Jingan Sports Center, Shanghai.

Babak Playoffs KPL Spring Season 2019 akan berlangsung di Shanghai, kemudian Chengdu jadi tuan rumah babak playoff KPL Fall Season 2019. Tim-tim yang berhasil masuk ke babak playoff akan mendapatkan slot invitation ke Honor of Kings International Champion Cup

Bagaimana sobat esports, sepertinya Tencent Games juga bisa merasa kehilangan ditinggal sponsor besar?