[GUIDE] Tren Lycan, Popularitas Tak Terbantahkan

Billy Rifki
13/02/2018 15:22 WIB
[GUIDE] Tren Lycan, Popularitas Tak Terbantahkan
Dotabuff

Lycan adalah salah satu hero carry populer yang kantongi tingkat kemenangan cukup tinggi dengan kisaran angka 54 - 56%. Mendapat lampu sorot pada turnamen-turnamen internasional sebagai hero andalan pemain macam EG.Arteezy ataupun EG.Fear, kapasitasnya untuk menggulingkan momentum kematian dengan push yang sangat sulit dihentikan.

Hero ini pun makin disukai sekaligus disegani adalah skill ultimate dan buff dari Howl yang bikin gila kawanan serigalanya, serta micro unit macam Necronomicon, yang jadi item utamanya. Dalam mode Shapeshift, Lycan akan mendapat efek maksimal dari movement speed, critical damage, bahkan tidak bisa diperlambat kecuali pergerakannya terhenti dengan adanya stun atau root.

Dulu, Lycan selalu ditempatkan untuk bermanuver di jungle dan farm, namun kini kemampuan laningnya bisa diandalkan walau tidak diberkati kemampuan untuk flash farm. Meskipun banyak hero di offlane yang mampu menghukum Lycan dalam match up one-on-one, namun saat core item dan skill set telah mumpuni, roda akan berputar bagi sang serigala jadi-jadian tersebut untuk segera berburu mencari mangsa. Berkat kawanan micronya, Necronomicon, unit dari Helm of Dominator, serta serigala kecil mampu mengincar support lemah selagi Lycan incar prioritas yang lebih menggiurkan.

Pemain Lycan yang handal akan memanfaatkan invisibilty dari serigalanya untuk menjadi pembuka vision, kemudian menguntit lawan tanpa disadari. Hal ini sekaligus menjawab kekurangan dari Lycan yakni mekanisme melarikan diri dengan kompensasi scout dari pergerakan serigala, yang bahkan mampu menghadang upaya kabur musuh dengan movement block akurat.

Meskipun Lycan sangat bergantung pada ulti untuk bisa tampil maksimal, namun itemisasi dari Lycan terbilang padat karya. Equip macam Helm of Dominator yang kaya akan buff dan aura akan memperkuat fase laning Lycan, dan unitnya. Necronomicon juga memiliki aura tambahan yang bisa berfungsi jadi bala bantuan saat melakukan push (bila Shapeshift sudah terpakai). Sisanya, seperti Black King Bar, Abyssal Blade, ataupun Assault Cuirass jadi item-item lanjutan yang biasanya terbeli ketika Lycan sudah tak bisa lagi terkejar jejak pembantaiannya.

Sekarang, malah lagi tren bagi pengguna Lycan untuk membuat Pipe of Insight sebagai tambahan resistance guna menangkal para pengabdi magic damage, yang punya kapabilitas menghabisi Lycan relatif cepat. Tidaklah sulit melakukan micro play menggunakan Lycan, karena kamu bisa arahkannya secara bersamaan namun bisa terjadi back swing, dan terkadang animasi attack serta lari Lycan akan terhalang. Maka, lebih efektif bila kamu kirim micro unit ke target tertentu dan prioritaskan kendali pada sang Lycan, agar jumlah pukulan lebih efektif. Dengan memanfaatkan pergerakan dari serigala, gunakan tombol Move dan arahkan ke target tertentu maka summon kamu akan mengikutimu selama durasi.

Lycan bukan tanpa lawan, sehingga wajib untuk berhati-hati ketika bertemu hero dengan inisasi jarak jauh dan stun berantai. Hero macam Earthshaker bisa halangi pergerakan Lycan dan memutarbalik keunggulan jumlah dari unitnya menjadi damage yang mematikan, berkat Echo Slam. Tuskar dan Clockwerk juga dibekali skill untuk mengunci Lycan sekaligus melambatkan attack speed dari unit Lycan dengan Frozen Sigil.

Winter Wyvern jadi support jarak jauh terbaik yang bisa menyerang balik dan menegasikan kemampuan push Lycan dengan nuke AOE-nya yang bisa daratkan kerusakan signifikan kepada banyak creep. Legion Commander merupakan alternatif lain yang bisa semakin kuat berkat buff dari Overwhelming Odds selagi dia tarung dengan Lycan, yang membuatnya terpaku dan tak bergerak, sehingga lebih mudah untuk diincar.

Kesempatan untuk memperlambat kemampuan farm dan potensi kill Lycan adalah menghukumnya saat di fase laning. Lycan tidak memiliki disable dan cenderung jadi target empuk tanpa Shapeshift, yang setidaknya akan memaksa Lycan untuk farm di jungle yang akhirnya memakan waktu lebih lama di level awal, karena berpindah lane terus-menerus.

Mengenai item, ada sedikit sekali yang bisa melindungi, terutama bagi support. Keberadaan Necronomicon bisa dispel item macam Ghost Scepter dan Eul’s Scepter of Divinity. True Sight dari Necronomicon level 3 juga sia-siakan pembelian Glimmer Cape. Solar Crest jadi salah satu yang terbaik menghadapi Lycan karena berikan armor dan kesempatan untuk missed, sehingga membuat pengejaran lebih alot sebelum tiada lagi daging tersisa yang terkoyak oleh cakaran sang Banehallow.

Upcoming Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Ongoing Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Video Pilihan
Solo MMR
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
Team MMR
1 Team Falcons 1713
2 Tundra Esports 1556
3 BetBoom Team 1541
4 CyberBonch-1 1520
5 Xtreme Gaming 1506
6 Gaimin Gladiators 1483
7 Team Liquid 1482
8 G2 x iG 1452
9 VGJ Storm 1450
10 Aurora.1xBet 1436