Grimstroke Kena Nerf, Nasib Hero Baru yang Lagi Imba

Billy Rifki
31/08/2018 12:02 WIB
Grimstroke Kena Nerf, Nasib Hero Baru yang Lagi Imba
Esports.ID

Beberapa minggu setelah perilisannya, hero terbaru DOTA 2, Grimstroke mulai tebar teror di pub game. Meski cukup lumrah bagi hero baru membuat kesal para pemain yang belum kenal dengan kemampuannya, tapi Valve melihat hero ini punya terlalu banyak 'kelebihan' di masa pengenalan.

Tak tanggung-tanggung, Grimstroke dihantam 16 perubahan sekaligus. Tidak semuanya nerf, tapi sebagian besar memang menggembosi hero baru ini. Terutama menyangkut keempat skill utamanya; Stroke of Fate, Phantom's Embrace, Ink Swell, dan Soulbind.

Kita mulai dari skill pertama. Stroke of Fate, meski damage dari skill ini tidak berkurang, namun movement slow-nya kini berkurang dari 2 detik menjadi 1,5 detik. Terlebih lagi kini efek slow miliknya bisa di-dispel dan menjadikannya mudah diakali. Begitu pun vision radius yang dalam beberapa kasus cukup penting terutama untuk mendeteksi hero-hero yang agak jauh.

Salah satu skill yang memberi vision adalah Phantom's Embrace. Setan-setanan yang melekat pada musuh ini memberi efek silence dan kerusakan yang besar. Meski Valve tak menyasar point utamanya, tapi lebih ke vision yang diberikan skill ini terlalu besar, membuat musuh sulit untuk menggocek penglihatan dari Grimstroke maupun sekutunya. Dengan vision yang dikurangi dari 400 menjadi 200, skill ini mungkin saja bisa lebih seimbang.

Yang ketiga tentu saja skill stun yang cukup mematikan. Awalnya bisa menghentikan lawan sampai 4 detik, kini ada perubahan terutama di early level yang memberi kerusakan mulai dari 0 dan bertahap meningkat sampai ke durasi maksimal. Movement speed tambahannya pun dikurangi dari maksimal 40% jadi 30% saja.

Ultimatenya juga tak luput dari nerf, karena kemampuannya yang makin payah dan tak bisa lagi mengungkap hero invis. Secara umum, Grimstroke memang populer sebagai hero baru namun winratenya tak pernah menembus 50%. Setidaknya rating tertinggi kemenangannya berkisar di angka 48%, dan berkat nerf anyar ini, winratenya malah kian menurun ke angka 47%.

Pantaskah 'si pelukis mengerikan' ini di-nerf sobat eSports?

Upcoming Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Ongoing Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Video Pilihan
Solo MMR
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
Team MMR
1 Team Falcons 1743
2 Xtreme Gaming 1568
3 BetBoom Team 1521
4 Team Liquid 1521
5 CyberBonch-1 1520
6 Gaimin Gladiators 1489
7 Tundra Esports 1480
8 Azure Ray 1465
9 VGJ Storm 1450
10 OG 1441