Filosofi Dibalik Logo dan Seragam Virtus.pro untuk TI9

Ryan Maldini
09/08/2019 11:24 WIB
Filosofi Dibalik Logo dan Seragam Virtus.pro untuk TI9
Tanpa 'Beruang Kutub' di Shanghai, VP Usung Panda!

The International menjadi ajang terbesar dan momen istimewa bagi sejumlah tim DOTA 2, sehingga lolos ke babak utama pastinya layak dirayakan secara spesial untuk dikenang kemudian hari. Begitu pula yang diharapkan oleh Virtus.pro dengan merilis logo dan seragam khusus jelang TI9 guna mengapresiasi para fans mereka di Cina, dan juga Asia.

Virtus.pro yang selama ini identik dengan logo beruang putih, sebagai ciri kultur dari region CIS yang mereka representasikan, kini rela menggantinya dengan ikon Panda, binatang khas di negeri Tirai Bambu. Selain itu, corak warna logonya pun diubah ke dominan merah gelap, yang juga identik warna kultur setempat.

"Basis fans kami di Asia terus tumbuh selama beberapa tahun belakangan," bunyi pernyataan tim Virtus.pro, via situs resminya. "Dengan adanya TI perdana di Cina, kami ingin manfaatkan untuk bisa lebih dekat dengan fans lokal. Kami senang merilis logo spesial dari tim dengan ciri lokal, dan akan kami gunakan secara khusus di TI nanti."

Logo baru ini merupakan hasil rancangan dari Quberten Studio, yang juga mengerjakan perubahan logo Virtus.pro di tahun sebelumnya. Pada logo anyar tersebut, VP juga menambahkan latar huruf-huruf mandarin sebagai panggilan khas dari fans setempat kepada tim Virtus.pro, yang bisa diterjemahkan sebagai 'powerful fight'.

"Kami telah menggabungkan kata-kata ini pada logo kami. Ada sedikit misteri di dalamnya, bagi mereka yang teliti; paduan huruf ini menyembunyikan tulisan 'VP'," tulis manajemen Virtus.pro, berkenaan fakta-fakta pembuatan logo baru mereka. Termasuk motif seragam VP yang kini bergaya urban-kontemporer, dengan dipadari corak huruf V bertumpuk-tumpuk.

Tidak hanya membuat logo dan seragam khusus untuk menyambut TI9 di Shanghai, tim Virtus.pro juga meluncurkan akun baru di Weibo. Tujuannya adalah secara langsung berinteraksi dengan para fans VP di Cina, maupun Asia, serta merilis info baru berkenaal logo dan seragam anyar mereka.

Terbaru, Virtus.pro merilis klip pendek yang memperlihatkan keseluruhan pemain berikut nama-nama mereka dilatari ragam karakter huruf mandarin. Huruf-huruf ini merupakan lafalan nama pemain VP, sebagaimana para fans setia di Cina setiap kali mengelu-elukan mereka di panggung turnamen.

Secara gamblang, bila diterjemahkan, maka panggilan unik bagi setiap pemain VP, antara lain yakni 'spider' bagi Roman 'RAMZES666' Kushnarev, dan 'little fat man' untuk Vladimir 'No[o]ne' Minenko. Versi translasi bahasa aslinya sendiri baru akan terungkap begitu semua pemain menunjukkan seragam baru bertabuhkan nama panggilan mereka.

Menarik ya, konsep desain dan cerita dibalik penggarapannya! Kira-kira ada kisah apa di jersey tim-tim esports tanah air kita?

Upcoming Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Ongoing Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Video Pilihan
Solo MMR
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
Team MMR
1 Team Falcons 1713
2 Tundra Esports 1549
3 BetBoom Team 1541
4 CyberBonch-1 1520
5 Xtreme Gaming 1506
6 Gaimin Gladiators 1483
7 Team Liquid 1482
8 VGJ Storm 1450
9 Azure Ray 1448
10 Aurora.1xBet 1436