Twitch Chat DOTA 2 TI9 Ramai Pendemo Asal Hong Kong

Rendy Lim
16/08/2019 17:06 WIB
Twitch Chat DOTA 2 TI9 Ramai Pendemo Asal Hong Kong
Protestan asal Hongkong ini membanjiri kanal Twitch yang menayangkan live streaming TI9

Semua fans Dota 2 saat ini tengah menikmati hiburan kompetisi tahunan terbesarnya, The International. Dengan prize pool mencapai 33 juta USD, TI9 dipastikan (lagi) sebagai kompetisi esports yang memberikan hadiah terbesar tahun ini.

Sayangnya, selama group stage yang sedang berlangsung saat ini, komentar yang tertuang via kanal Twitch lebih banyak dipenuhi oleh protes dari para demonstran asal Hong Kong. Kemarahan fans ini berakar dari alasan Valve memilih Shanghai sebagai tempat penyelenggaraan TI pada tahun ini. 

 Watch [EN] The International 2019 Multicast from dota2ti on www.twitch.tv


Jika kamu menyaksikan live streaiming Dota 2 TI9 melalui Twitch, kolom komentar akan terlihat dipenuhi oleh pesan, memes, bahkan spam yang mengarahkan pada oposisi negara Cina. Tidak sedikit juga propaganda sindiran pedas seperti "Bebaskan Hongkong", termasuk yang mengirimkan gambar Winnie The Pooh sebagai wujud yang kerap diasosiasikan dengan sosok presiden Cina, Xi Jinping.

Kamu tetap masih bisa melihat pembahasan tentang match yang sedang berlangsung di kolom komentar sembari berjalannya pertandingan. Namun, para demonstran tetap bersemangat memenuhi Twitch chat dengan sindiran dan tuntutan mereka. Bahkan kejadian ini menjadi pembicaraan hangat di forum Reddit. 

Demonstrasi besar-besaran ini berlangsung pertama kali di Hong Kong pada bulan Juni kemarin, di mana sekitar 1 juta penduduk Hong Kong ikut dalam kegiatan ini. Meski banyak yang kecewa dengan Valve karena memilih Shanghai sebagai tempat penyelenggaraan TI, namun sebenarnya pengumuman ini sudah diberitau oleh Valve sejak Agustus tahun lalu, jauh sebelum ada kabar tentang demonstrasi ini.

Valve memang sedang melakukan pengembangan besar-besaran ke Cina, bahkan melakukan partner dengan developer asal negeri Tirai Bambu dan publisher Perfect World untuk membuat Steam versi lokal. Dukungan juga disampaikan oleh pemerintah Shanghai saat pengumuman tersebut mencuat tahun lalu, bahkan berjanji akan memberikan dukungan penuh bagi kompetisi tersebut.

Mercedes-Benz Arena (Shanghai, Cina) Venue Resmi TI9

Saat ini, untuk mengatasinya pihak moderator pada channel TI9 di Twitch gencar menghapus komentar-komentar yang berbau politik dan spam. Sampai melakukan banned kepada beberapa viewers. Hal ini sempat menimbulkan ketakutan bahwa ada campur tangan pemerintah Cina karena dugaan berada di pihak oposisi.

Namun, tidak semua fans berpikir demikian, dan banyak dari mereka mengatakan bahwa tindakan moderator untuk menghapus komentar tidak berhubungan pertandingan sudah benar. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, apakah kamu juga melihatnya di live streaming?

Upcoming Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Ongoing Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Video Pilihan
Solo MMR
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
Team MMR
1 Team Falcons 1650
2 BetBoom Team 1564
3 Xtreme Gaming 1543
4 Tundra Esports 1539
5 CyberBonch-1 1520
6 Team Liquid 1513
7 Azure Ray 1465
8 Gaimin Gladiators 1453
9 VGJ Storm 1450
10 G2 x iG 1449