Esports.ID

Epic Cabut Server SEA, Reza Arap Ajak Tandatangani Petisi!

Rendy Lim
15/08/2019 10:51 WIB
Epic Cabut Server SEA, Reza Arap Ajak Tandatangani Petisi!
Fortnite memang sempat hadirkan server SEA tahun lalu, tapi dicabut untuk kembangin server lain

Kehadiran dedicated server dari developer gim untuk sebuah region adalah hadiah terbesar yang bisa diberikan untuk menunjukkan support kepada player di kawasan tersebut. Memiliki server sendiri juga akan memberikan banyak keuntungan, mulai dari ping bersahabat, hingga lebih mudah bertemu pemain-pemain dari region sama.

Setidaknya, mungkin ini juga yang terbersit di pikiran Epic Games saat memutuskan untuk menghadirkan server SEA pada September tahun lalu. Negara Singapura pun dipilih sebagai pengemban fitur server sub-region matchmaking SEA, dan berharap player dapat bermain Fortnite dengan koneksi terbaik mereka.

Server SEA Fortnite rilis tahun lalu, namun 'usianya' tidak lama...

Server SEA ini memang sempat memberikan angin segar bagi para pemain Fortnite di Indonesia. Bagaimana tidak, Epic mengatur agar player tidak selalu terhubung dengan server SEA jika sedang ramai, jadi tidak perlu menunggu terlalu lama untuk memulai sebuah match. Selain itu, laporan-laporan dari para pemain di server ini mengatakan ping mereka berkisar antara 20-90, dan cukup nyaman untuk dimainkan.

Sayangnya, tidak sampai setahun, Epic Games kini memutuskan cabut server SEA dan memindahkannya ke region Middle East, India. Berdasarkan pengumuman di situsnya minggu lalu, Epic Games akan membuka server kedua di Middle East yang berfokus kepada pemain dari Arabian Peninsula, termasuk United Arab Emirates, Bahrain, dan Saudi Arabia.

Epic Games memang juga memperingatkan bahwa beberapa negara di SEA akan mengalami peningkatan ping akibat pencabutan server ini. Developer Fortnite ini juga meminta untuk melaporkan kepada mereka jika perubahan tersebut mempengaruhi pengalaman bermain. 

Respon atas pencabutan server ini diserukan oleh salah satu player Fortnite aktif di Indonesia, sekaligus owner dari tim WAW Esports, Reza Arap. Melalui cuitan via Twitter, Arap meminta para followers untuk ikut menandatangani petisi agar Epic Games menghadirkan server di SEA. Pasalnya, saat ini setiap bermain, ping menunjukkan angka yang cukup tinggi, yakni sekitar 100 hingga 150.

Petisi yang dimulai oleh Danny Mayson ini memang sudah berusia setahun, tampaknya awal mula hadirnya petisi ini adalah saat Epic Games belum menghadirkan server SEA tahun lalu. Namun kembali jadi relevan lagi karena pencabutan server yang baru saja dilakukan.

Server SEA sangat membantu pemain Fortnite, terutama soal Ping

Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, apakah kamu juga mengalami hal yang serupa yakni peningkatan ping saat bermain Fortnite belakangan ini?