First Warriors

Jadwal, Prizepool, dan Info Lengkap MPL Season 4

MikeApalah
24/07/2019 13:02 WIB
Jadwal, Prizepool, dan Info Lengkap MPL Season 4
MPL S4

Setelah ramai digembar-gemborkan belakangan ini, akhirnya Moonton secara resmi memperkenalkan model liga waralaba (franchise) esports pertama di Asia Tenggara. Mobile Legends: Bang Bang Professional League - Indonesia (MPL-ID) Season 4, yang rencananya bergulir 23 Agustus 2019 mendatang, akan menjadi tonggak awal dimulainya franchise league di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, prize pool sebesar USD 300.000 (sekitar 4,2 Milliar) bakal diperebutkan delapan peserta MPL S4.

Juara musim lalu, ONIC Esports bakal mendapatkan tantangan dari tujuh peserta lainnya, Alter Ego, Aura, Bigetron Esports, Geek Fam, Genflix Aerowolf, EVOS Esports, dan Rex Regum Qeon. MPL-ID S4 mencakup delapan minggu pertandingan regular (23 Agustus - 13 Oktober 2019) yang akan diadakan secara offline di XO Hall, Tanjung Duren, Jakarta. Sedangkan, Grand Final berlangsung di Tennis Indor Senayan, 26 - 27 Oktober 2019.


Seluruh Perwakilan Tim MPL Season 4 dan Moonton

Transisi MPL-ID musim 4 ke model liga waralaba akan mengatasi banyak masalah yang dihadapi peserta di musim sebelumnya. Misalnya, ketidakpastian regulasi menyebabkan kurangnya standarisasi kontrak antara tim dan pemain. Dengan status tim yang kini permanen, memungkinkan penerapan standar yang melindungi semua pihak yang terlibat. Ini akan memudahkan kita untuk menciptakan fondasi yang kokoh dengan tujuan jangka panjang demi keberlanjutan esports Indonesia,” kata Dylan Chia, Marketing Director MPL-ID.

Model franchise MPL-ID memberikan slot permanen dalam liga, di mana setiap tim harus membayarkan biaya franchise USD 1 juta, berlaku selamanya. Sedangkan keuntungan yang diperoleh oleh para tim dan pemain dalam MPL-ID, antara lain:

  • Sistem Permainan yang Adil; di mana setiap tim akan memiliki standar upah maksimal untuk mendorong keseimbangan kekuatan antar tim dan terjaminnya biaya operasional berkelanjutan. Semua tim juga akan mendapatkan sumber daya yang setara.
  • Bagi Hasil; yang mana setiap tim akan mendapatkan lebih dari 50% pendapatan liga, sebelum dikurangi biaya operasional dan biaya pemasaran liga (sepenuhnya ditanggung liga).
  • Keamanan Finansial; untuk pemain profesional, dalam kontrak akan disebutkan upah minimum dengan masa berlaku kontrak 6 bulan setiap musimnya.
  • Peluang Komersialisasi; dengan investasi bersama dari Moonton dan para tim, memungkinkan liga untuk berkomitmen pada inisitaif jangka panjang demi mengembangkan hubungan dengan mitra utama untuk menciptakan aliran pendapatan baru dan solusi pemasaran merek, tim, maupun pemain.

Logan Shaw, Regional Esports Director of Mobile Legends: Bang Bang, menambahkan, “Dengan sistem keamanan finansial, peraturan yang telah distandarisasi, serta regulasi baru yang lebih baik, liga dapat memastikan akuntabilitas dalam manajemen tim. Ini dapat mengatasi rotasi pemain yang berulang kali terjadi karena perekrutan yang terjadi pada sistem sebelumnya."

Bagaimana menurut Sobat Esports, akankah sistem league franchise ini berjalan dengan baik dan menjadi tren baru di industri esports tanah air?