First Warriors

Kuras Mental & Fisik! Alasan JessNoLimit Rehat Kompetisi

Billy
15/08/2019 09:37 WIB
Kuras Mental & Fisik! Alasan JessNoLimit Rehat Kompetisi
Esports.ID

Justin Tobias, alias JessNoLimit, sudah memastikan bahwa dirinya tak lagi bermain untuk tim profesional Mobile Legends EVOS Esports. Sebelumnya, santer rumor berhembus tentang ketiadaan JessNoLimit di skuad EVOS setelah gelaran MPL 3. Sampai akhirnya, EVOS merilis roster terbaru yang tak mencantumkan dirinya dalam skuad pemain.

Hal ini dipertegas kembali lewat sesi video Jess dan komika terkenal, Raditya Dika. Jess berulang kali sebut penyebab absennya dari skuad EVOS adalah kelelahan. Entah kelelahan fisik atau mental yang dimaksud, tapi Jess mengisyaratkan bahwa dirinya sudah enggan sama sekali sentuh ranah kompetisi, untuk saat ini.


Apakah Sobat Esports menyadari bahwa menjadi atlet profesional ternyata bisa sangat melelahkan loh! Ada beberapa alasan penyebab kelelahan gamer, mungkin salah satunya adalah yang membuat JessNoLimit rela menanggalkan karirnya sebagai pemain pro Mobile Legends profesional paling diidolakan.

- Runtuhnya Ketahanan Mental

Gamer profesional punya ambisi pribadi sekaligus tanggung jawab terhadap prestasi tim. 'Beban' tanggung jawab itu tak cuma mereka pikul saat bertanding di panggung besar, namun juga diemban saat latihan pagi-siang-malam.

Dalam kasus Jess, awal karir yang meroket memberikan semangat untuk memberi performa terbaik di tiap penampilan. Dua gelar runner-up MPL jadi bukti bahwa dirinya begitu berhasrat jadi juara, walau ujungnya masih gagal.

Seiring waktu, khususnya pada masa-masa MPL 3, mulai terlihat motivasi itu tak sekuat dulu. Kegagalan demi kegagalan yang ia alami mungkin akhirnya runtuhkan mental dirinya, sehingga munculkan keraguan dalam bermain. Imbasnya pula, konsentrasi kian buyar karena ia tak cuma perjuangkan karir profesionalnya namun juga perkembangan kanal streamingnya. Belum lagi tuntutan fans yang selalu haus kemenangan tanpa peduli soal teknis apalagi sentimen yang mungkin dialami sang pemain.

Tak mudah mengembalikan mental berkompetisi seseorang, kejenuhan pun tak bisa hilang terbasuh air, dalam atmosfir yang penuh tekanan membuat frustasi. JessNoLimit yang dulu mungkin tak akan pernah kembali..

- Lewati Masa Terbaiknya

JessNoLimit merupakan kelahiran tahun 1996. Umurnya sudah mencapai 23 tahun sekarang. Masih muda kan? Iya, kalau untuk ukuran pemain sepakbola, ini adalah usia emas. Namun, bagi pemain esports, ukuran keemasan biasanya di umur 20-an.

Menurut penelitian, atlet esports yang masih berumur 20-an tahun memiliki reflek motorik terbaik untuk profesi esports. Masa tersebut adalah waktu di mana kordinasi mata dan tangan mereka sedang tajam-tajamnya, serta motivasi masih membara, dan rutinitas latihan dianggap sarapan.

Jess sudah tersaingi dengan banyak bakat baru, pemain lebih segar, dan punya motivasi amat besar. Meski ada juga pemain esports yang sudah mencapai kepala tiga, namun ada saatnya mereka pun berhenti. Beberapa masih bisa menemukan cara untuk menjaga semangat bermainnya tidak padam.

- Pertahankan Karir Streaming

Jess akhirnya mengakui kalau saat ini streaming adalah passion utamanya. Jess memang jadi pionir atlet esports yang punya aura bintang. Bagaimana pun, dia memenangkan penghargaan Indonesian Choice Awards 2018 untuk kategori Digital Persona of the Year. Ditambah juga raihan Gold Play Button berkat subscribers YouTube miliknya yang sudah jauh melampaui 1 juta (saat ini berjumlah 6.127.465 subs).

Intinya, Jess menyadari bahwa dia adalah sosok entertainer ketimbang profesional player. Jess masih jago seperti sedia kala, hanya saja mentalitas yang berbeda membuatnya lebih condong fokus menghibur ketimbang bersaing dengan orang lain. Sama seperti rekannya, Jonathan Liandi a.k.a Emperor, keduanya lebih bergairah sebagai streamer ketimbang jadi pro player.

Jess Juga berniat mencoba hal baru di luar gaming seperti stand-up comedy. Mungkin dia butuh penyegaran untuk memperbaiki kembali lelah batinnya selama jadi pro player dengan tertawa menikmati kehidupan.

Ternyata jadi gamer profesional itu tidak cuma sekedar main di panggung guys. Ada beban berat yang musti dipikul dan bakal menguras kamu seiring waktu. Semoga Jess ga pamit-pamit segala via streamingnya nanti ya.