Kuasai Grup A, RRQ Hoshi Dipastikan Lolos Playoff M1

Rendy Lim
11/11/2019 23:12 WIB
Kuasai Grup A, RRQ Hoshi Dipastikan Lolos Playoff M1
Tajam di Babak Grup, RRQ Tuai Tiga Kemenangan dan Puncaki Grup A!

Hari pertama group stage Mobile Legends World Championship M1 berlangsung sengit. Sebagai laga pembuka di ajang internasional perdana bagi tim MLBB di seluruh dunia ini, empat tim di Grup A telah saling bertukar ilmu dan akhirnya menentukan siapa di antara mereka yang lebih berhak melaju ke babak playoff.

Grup A terdiri dari EVOS SG/MY, RRQ Hoshi, Impunity KH, dan VEC Fantasy Main. Setelah mainkan tiga match untuk setiap tim, hasilnya menempatkan RRQ Hoshi sebagai pemuncak klasemen sekaligus pastikan mereka lolos ke babak playoff Mobile Legends World Championship, akhir pekan nanti.

RRQ Hoshi - Indonesia

Pertandingan pertama Grup A hari ini dibuka dengan match antara EVOS SG/MY melawan RRQ Hoshi. Sebagai jawara dari MPL SG/MY Season 4, EVOS menjadi salah satu tim yang dijagokan di Grup A, namun saat berhadapan dengan 'sang raja', tim ini belum mampu menaklukkan kombinasi unik yang digunakan RRQ Hoshi untuk group stage. Meski tanpa Lemon, RRQ Hoshi menumbangkan EVOS SG/MY dengan skor 2-0.  

Match kedua Grup A kembali mempertandingkan RRQ Hoshi, kali ini berhadapan dengan tim perwakilan dari Vietnam, VEC Fantasy Main. Gim pertama berlangsung mulus bagi Tuturu dkk, namun mereka sempat dibuat panik akibat VEC berhasil mengejar poin dan menyamakan kedudukan. Untungnya, kerjasama apik pemain RRQ di gim ketiga memberikan kemenangan bagi mereka, mengakhiri match sengit ini dengan skor 2-1.

Impunity PH - Kambodia

EVOS SG/MY yang telah mengalami kekalahan saat melawan RRQ Hoshi tak memberikan kesempatan untuk hal yang sama terjadi di match keduanya melawan Impunity KH dari Kamboja. EVOS SG/MY kali ini tampak bermain agresif, memberikan mereka dua poin kemenangan untuk sementara mengamankan posisinya di grup stage. 

Selanjutnya di match keempat, Impunity KH berhadapan dengan tim yang sempat membuat panik RRQ Hoshi, yakni VEC Fantasy Main. Dua gim berlangsung tanpa perlawanan yang berarti dari tim Kamboja, dan menjadi milik VEC yang berakhir dengan skor 2-0, sekaligus menutup peluang Impunity untuk lolos ke babak playoff.


Match keempat yang mempertandingkan EVOS SG/MY dan VEC Fantasy Main dapat dikatakan sebagai match penentu siapa yang akan menyusul RRQ Hoshi ke babak playoff, sebagai perwakilan Grup A. EVOS SG/MY bermain rapi di gim pertama, memberikan keunggulan poin dan selangkah lebih dekat untuk lolos. Sayangnya, gim kedua tidak berjalan sesuai harapan EVOS SG/MY, kombinasi hero VEC mulai dari X Borg, Chang-e, Esmeralda, Valir, hingga Akai langsung mengacak-acak pertahanannya dan menghadiahkan poin setara bagi kedua tim.

Masuk ke gim penentuan, EVOS SG/MY menunjukkan komposisi hero pilihan yang sama agresifnya dengan VEC, namun dalam gim tersebut mereka tidak mendapat kesempatan untuk mengeksekusi kombo sama sekali. Hingga pada akhir permainan, EVOS SG/MY hanya mendapatkan 2 poin kill. Kekalahan ini juga menutup peluang tim ini untuk lolos ke babak playoff.

 VEC Fantasy Main - Vietnam

Match terakhir di Grup A mempertemukan RRQ Hoshi dan Impunity KH, meski tim Kamboja ini sudah pasti tidak akan lolos, namun pertandingan ini akan menentukan siapa yang akan keluar sebagai first seed dari Grup A. Masih tanpa Lemon, pada match terakhir babak group stage ini, RRQ Hoshi kembali menurunkan susunan pemain Vynn, Tuturu, Ayam Jago, Liam, dan Xinn. Meski tanpa kehadiran mage jagoannya, tim ini dapat mengalahkan Impunity KH dengan skor 2-0.

Berakhirnya pertandingan tersebut membuat RRQ Hoshi keluar sebagai pemimpin Grup A dengan total delapan poin kemenangan. Tim kedua yang ikut menyusul untuk melaju ke babak playoff adalah VEC Fantasy Main berkat keberhasilan mereka mengalahkan EVOS SG/MY di match kelima hari ini dengan enam poin kemenangan. Sisanya dua tim yang harus gugur di grup stage M1 adalah EVOS SG/MY dengan total empat poin kemenangan dan Impunity KH tidak mendapatkan poin sama sekali.

Atas hasil memuaskan ini, RRQ tinggal menunggu hasil dari pertandingan Grup C, karena posisi pertama di Grup A akan bertemu dengan juara dari grup tersebut di upper bracket. Tak Berbeda dengan VEC Fantasy Main, sebagai peringkat 2 di Grup A juga akan bertemu dengan peringkat 2 dari Grup C, hanya saja posisinya berada di lower bracket.

Besok (12/11), di Grup B memang tidak ada tim Indonesia yang bertanding di sana, karena diisi oleh Burmese Ghouls (Myanmar), AXIS Esports (Malaysia), Team Gosu (United States), dan Candy Comeback (Thailand / Laos). Namun grup ini patut diawasi karena juaranya akan bertemu dengan Grup D yang mana terdapat satu lagi tim Indonesia di sana, yakni EVOS Legends.

Tetap beri dukungan terbesarmu kepada tim-tim Indonesia yah Sobat Esports!