Fokus Kembangkan eSports Lokal, UniPin Hadirkan SEACA & WESG

Michael
09/08/2018 16:26 WIB
Fokus Kembangkan eSports Lokal, UniPin Hadirkan SEACA & WESG
Esports.ID

Pesona industri eSports tanah air kian hari makin melejit. Suksesnya beberapa event besar seperti GESC Jakarta Minor, IGC 2018, IGX 2018 dan MSC 2018 seakan menjadi magnet untuk para sponsor ikut mencicipi manisnya industri ini. Tak ingin melewatkan momentum ini, UniPin yang digadang sebagai payment gateway terbesar di Indonesia turut terjun langsung dengan menghadirkan dua event skala internasional South East Asian Cyber Arena (SEACA) dan World Electronic Sport Games (WESG).

Ashadi Ang, selaku CEO & Co-Founder UniPin, mengatakan, “Besarnya valuasi industri eSports juga menjadi sebuah motivasi bagi UniPin eSports bergerak cepat untuk mengembangkan industri eSports di tanah air dan internasional". Ia meneruskan, “Setelah saya dan tim melakukan perjalanan ekspansi bisnis UniPin ke negara-negara kawasan Asia Tenggara, kami melihat dan  menemukan peluang baru pada industri eSports. Setiap negara mempunyai potensi eSports yang luar biasa dan kami menangkap potensi dan antusiasme ini sebagai sebuah visi baru untuk membangun komunitas eSports terbesar yang bisa menginspirasi seluruh atlet eSports diberbagai belahan dunia, khususnya di Indonesia. Hal inilah yang mendasari kami membentuk UniPin eSports, untuk merealisasikan visi dalam 1-3 tahun kedepan. Harapan kami ini  dapat memberikan kontribusi besar bagi komunitas eSports di dunia.”

Rencananya kedua event internasional ini akan diadakan tanggal 17 – 21 Oktober 2018 dengan mengambil tempat di Mall Taman Anggrek yang memang sering menjadi venue event eSports. Sebagai informasi South East Asian Cyber Arena (SEACA) sendiri merupakan sebuah kompetisi eSports internasional pertama yang diselenggarakan sendiri oleh UniPin eSports. Beberapa game ternama Mobile Legends, Arena of Valor, PUBG, Point Blank dan DOTA 2, bakal menjadi lineup game yang dipertandingkan dengan total prizepool sebesar USD 100.000.

Hingga saat ini babak kualifikasi untuk event SEACA juga masih berlangsung di 16 kota, yaitu : Jakarta, Tangerang, Bekasi, Parung, Bandung, Medan, Bogor, Cirebon, Gresik, Palembang, Bali, Makassar, Purwakarta, Yogyakarta, Semarang dan Lampung. Bekerja sama dengan Indomaret, UniPin eSports menggelar pertandingan UniPin Indomaret Championship (UIC) yang dimulai sejak 27 Mei 2018 – 7 Oktober 2018. Untuk Sobat eSports yang ingin ikut serta, pendaftaran kualifikasi tersebut masih dibuka hingga 10 Agustus 2018 mendatang. Pemenang yang lolos kualifikasi akan dimumkan pada bulan Oktober nanti.

Sedangkan World Electronic Sport Games (WESG) 2018 merupakan sebuah kompetisi eSports terbesar di dunia yang diadakan oleh Alisports dan diikuti oleh 38 negara peserta.  Didukung oleh Alisports, Air Asia, Agri Mind, Beyond, Mogu, Charterprime, dan UniPin eSports,  WESG 2018 menyiapkan total hadiah sebesar USD 5,500,000. Adapun game-game yang dipertandingkan dalam WESG 2018 adalah StarCraft II, Hearthstone, Counter-Strike: Global Offensive, Vainglory, dan DOTA 2. Pendaftaran peserta WESG Indonesia akan ditutup pada tanggal 31 Agustus 2018 dilanjutkan dengan kualifikasi online pada September – Oktober 2018. Sedangkan puncak pertandingan final nasional WESG diselenggarakan pada 17 - 18 Oktober 2018 di Jakarta. 

Kami juga melihat jauh kedepan, bahwa industri eSports mampu menumbuhkan budaya positif yang perlu kita terapkan pada kehidupan kita sehari-hari. Budaya yang dimaksud adalah belajar, berlatih, bekerja sama dan berkompetisi dengan sehat dalam segala aspek kehidupan manusia. Besar harapan kami, investasi besar melalui event SEACA dan WESG ini dapat mengembangkan budaya positif eSports yang dapat disebarkan secara luas ke seluruh negeri.”, tambah Ashadi.