ASUS Perkenalkan Laptop Gaming Tertipis & Ragam Inovasi Baru!

Basitullah
11/04/2019 15:31 WIB
ASUS Perkenalkan Laptop Gaming Tertipis & Ragam Inovasi Baru!
ASUS ROG

Bertempat di Empirica, SCBD Jakarta Selatan (10/4), ASUS baru saja lakukan launching untuk perkenalkan produk dan beberapa inovasi terbaru mereka kepada para fans setianya di Indonesia. Terdapat 2 ASUS ROG, 1 TUF Gaming, beberapa komponen, serta pengumuman penting terkait sepak terjang ASUS di Indonesia.

"Mari sambut kehadiran laptop gaming berbasis GeForce RTX tertipis di dunia," ujar Jimmy Lin, Country Manager ASUS Indonesia. "ROG Zephyrus S terbaru merupakan bukti bahwa ASUS sangat berkomitmen menciptakan pengalaman gaming terbaik untuk para gamer melalui inovasi dan teknologi terbaik."

ASUS ROG Zephyrus S GX701 & GX503

Dua laptop gaming tertipis di dunia, merupakan keluarga baru dari seri Zephyrus yang memiliki ketebalan di bawah 2cm. Dibandingkan dengan laptop gaming tradisional sekelasnya, ROG Zephyrus S miliki dimensi hingga 40% lebih tipis dan 23% lebih kecil. Meskipun tipis dan ringkas, ASUS ROG Zephyrus S GX701 & GX503 sudah ditenagai dengan GPU NVIDIA GeForce RTX terbaru serta prosesor Intel Core i7 generasi ke-8.

Tak hanya sekedar menghadirkan performa yang kencang, laptop gaming ROG RTX ini juga tampil dengan beragam fitur eksklusif yang menandakan komitmen kuat ASUS terhadap industri game. GeForce RTX juga sudah dilengkapi Tensor Core yang dapat mengakselerasi performa AI. Gabungan teknologi canggih tersebut membuat jajaran laptop terbaru ROG mampu menghadirkan sajian visual lebih nyata sekaligus menetapkan standar baru di industri laptop gaming.

Selain didukung GPU yang powerful, keduanya juga kian maknyus dengan prosesor Intel Core i7-8750H yang telah menggunakan konfigurasi 6 core dan 12 thread. Prosesor ini mampu tampil dengan kecepatan hingga 4,1GHz sehingga memastikan semua game PC bisa dimainkan pada kedua laptop. Selain itu, ROG Zephyrus S GX701 dan GX531 telah dilengkapi RAM DDR4 dengan kapasitas hingga 24GB.

Performa yang powerful tentu akan menghasilkan panas, oleh karena itu ASUS ROG Zephyrus S terbaru menyematkan teknologi pendingin Active Aerocooling System (AAS). Teknologi pendingin khusus ini hadir dengan mekanisme yang sangat unik. Bagian bawah ROG Zephyrus S terbaru akan terbuka dan keseluruhan bodi laptop akan terangkat. Mekanisme tersebut membuat ROG Zephyrus S terbaru memiliki rongga udara ekstra di bagian pendinginnya sehingga dapat berjalan lebih optimal.

ROG Zephyrus S GX701 dan GX503 juga dibekali layar berkualitas tinggi dengan bezel ultra-tipis sehingga memiliki screen-to-body ratio yang sangat besar, yaitu mencapai 81%. Bezel ultra-tipis tersebut juga merupakan kunci mengapa kedua laptop ini memiliki bodi yang sangat ringkas.

Layar ROG Zephyrus S GX701 dan GX531 juga mendukung standar gamer profesional dengan refresh rate mencapai 144Hz dan response time hanya 3ms. Selain gamer profesional, dua laptop gaming ini juga dapat digunakan oleh para profesional kreatif berkat layar dengan tingkat reproduksi warna di color space sRGB sebesar 100%, dan telah tersertifikasi oleh Pantone.

ASUS TUF Gaming FX505DY

Selain menghadirkan ROG Zephyrus S terbaru, ASUS juga memperkenalkan sebuah laptop mainstream baru untuk gamer di Indonesia, yaitu TUF Gaming FX505DY. Berbeda dengan seri TUF Gaming yang sudah dirilis sebelumnya, TUF Gaming FX505DY menggunakan kombinasi prosesor AMD Ryzen 5 dan chip grafis Radeon RX560.

ASUS TUF Gaming FX505DY dilengkapi layar IPS-level berukuran 15,6 inci yang sudah memiliki resolusi Full HD (1920 x 1080 pixel). Layar tersebut juga sudah menggunakan teknologi NanoEdge Display sehingga hadir dengan ukuran bezel yang sangat tipis, hanya 6,5 milimeter saja. Berbekal bezel yang sangat tipis, ASUS TUF Gaming FX505DY dapat tampil dengan bodi yang lebih ringkas dibandingkan dengan laptop 15 inci lainnya.

Soal performa tidak perlu diragukan, karena ASUS TUF Gaming FX505DY ditenagai dengan prosesor AMD Ryzen 5 3550H. Prosesor generasi terbaru dari AMD yang hadir dengan konfigurasi 4 core dan 8 thread sehingga miliki kecepatan dalam hal pemrosesan hingga 3,7GHz. Prosesor tersebut didukung oleh GPU AMD Radeon RX560 yang memiliki VRAM sebesar 4GB.

Hal yang menarik adalah kombinasi hardware tersebut ternyata tidak hanya powerful untuk menjalankan berbagai macam gim modern saat ini, tetapi juga dapat digunakan sebagai penunjang kebutuhan para konten kreator. Prosesor Ryzen 5 3550H miliki kemampuan multitasking yang sangat baik berkat jumlah core dan thread yang diusungnya. Prosesor tersebut juga cocok digunakan untuk menjalankan aplikasi profesional seperti video atau photo editor.

ASUS TUF Gaming FX505DY merupakan salah satu laptop gaming paling tangguh di kelasnya. Seperti pendahulunya, TUF Gaming FX505DY juga sudah mengantongi sertifikasi ketahanan berstandar militer MIL-STD 810G. Sertifikasi ketahanan tersebut membuktikan ASUS TUF Gaming FX505DY telah lolos berbagai pengujian ekstrim seperti uji jatuh dan getaran, uji temperatur, uji kelembaban, hingga uji radiasi sinar matahari.

Agar lebih tangguh, ASUS menghadirkan sistem pendingin khusus yang menggunakan Hypercool Technology. Teknologi pendingin tersebut terdiri dari dua kipas dengan performa tinggi serta sistem Anti-Dust Cooling yang mampu usir debu sehingga tidak akan menumpuk pada heatsink yang dapat menghambat performa pendinginan laptop. Kombinasi sistem pendingin tersebut membuat komponen pada ASUS TUF Gaming FX505DY tidak mudah panas dan memiliki umur penggunaan yang lebih panjang.

Perkuat Kerjasama dengan Tim Esports

Melalui acara peluncurannya, ASUS juga umumkan sepak terjang mereka dalam mendukung tim-tim esports di Indonesia. Saat ini, ASUS sudah gandeng 4 tim terkemuka, mulai dari Aerowolf, RRQ, FF Gaming, dan Onic Esports. Keempatnya ASUS pilih berdasarkan beberapa kategori yang telah mereka tetapkan, seperti:

- No. 1 PUBG Esports in Indonesia (Aerowolf)
- No. 1 Esports Team in Indonesia (RRQ)
- No. 1 Female Esports Team in Indonesia (FF Gaming)
- No. 1 New Comer Esports Team in Indonesia (Onic Esports)

Hal yang paling baru, pada acara kemarin ASUS juga perpanjangan kerjasama dengan Rex Regum Qeon (RRQ) yang selama ini sudah bermitra cukup lama. Proses yang akan menjamin jalinan kerjasama keduanya untuk durasi dua tahun ke depan.

Komponen ASUS ROG

Terakhir, ASUS juga perkenalkan beberapa komponen sebagai inovasi terbaru, yang dihadirkan untuk beri dukungan performa maksimal bagi para gamer. Mulai dari ROG Rapture GT-AX11000, sebuah wireless router yang mendukung standar networking terkini (WIFI 6) dan pertama kali tersedia di Indonesia.

ROG RYUJIN 360 & ROG RYUO 240, sebagai CPU Cooler yang tawarkan solusi all-in-one liquid cooler. Serta ROG THOR 850P & ROG THOR 1200P, sesosok power supply unit (PSU) yang tawarkan efisiensi konsumsi daya dengan kualitas terbaik.