LA Bolds Main

Ada Rasa Cemas Ikut Turnamen? Ini Tips Bagi Atlet Esports!

Rendy Lim
31/07/2019 14:40 WIB
Ada Rasa Cemas Ikut Turnamen? Ini Tips Bagi Atlet Esports!
Jangan Diremehkan! Gelisah Bisa Gagalkan Laga Krusial..

Berada di panggung besar, riuh sorakan penonton, dan kilau lampu sorot serta kamera yang mengikuti setiap pergerakan kadang membuat atlet esports sekalipun akan merasa gugup dan cemas. Bertanding membawa nama tim atau mewakili negara pastinya menimbulkan perasaan takut untuk mengecewakan harapan.

Tak jarang pula rasa cemas ini membuatmu sering melakukan salah langkah dan berdampak besar pada hasil permainan. Tidak cukup hanya ahli skill dan paham mekanik suatu gim, namun kunci penting yang kadang terlupakan agar dapat sukses dalam turnamen adalah kemampuan mengontrol stres dan rasa cemas tersebut. 

Bagi atlet esports, penyebab utama gelisah adalah beban saat bertanding atau ekspektasi diri sendiri ataupun orang lain. Gelisah juga bisa ditimbulkan ketika terlalu lama bermain dan kurang istirahat, sehingga kinerja otak serta tubuh menurun.


Beberapa ciri orang dilanda gelisah, di antaranya
:

- Sering menggerakan kaki, tangan atau bagian tubuh tertentu terus-menerus

- Mengedipkan mata dengan intensitas cepat

- Memindahkan tumpuan badan, seperti ganti posisi duduk terlalu sering

- Menyilangkan kaki dan membuka / melipat tangan.

Banyak hal yang mesti diperhatikan pemain esports. Kegelisahan membuat mereka hanya memperhatikan tanpa bisa bertindak karena muncul keraguan atau respon yang terlambat secara motorik karena hambatan cemas tersebut.

Umumnya, kegelisahan menyebabkan:

- Konsentrasi mudah terganggu

- Kesulitan mengorganisir

- Sering melamun dan tampak bingung

- Kesulitan mengikuti arahan

- Sering membuat kesalahan

Mengatasi rasa cemas yang seringkali menghantui para atlet esports, mantan pro player CS:GO, Ron ‘Rambo’ Kim, membagikan metode guna membantu kontrol dan penanganan rasa cemas saat bertanding di turnamen.

1. Atur Pernapasan Secara Baik 

Saat rasa cemas itu muncul, para pemain akan merasakan nafas mereka lebih cepat dari yang seharusnya. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah langsung mengontrol ritme pernapasan. Tarik napas dalam selama 5 hingga 10 detik, yang mungkin akan terasa sangat lama saat cemas melanda, namun cara ini bisa membantu kerja otak dan nafas kembali normal. 

2. Buang Semua Pikiran Buruk Lewat Pengaturan Nafas

Sesaat sebelum bertanding, pikiran para atlet esports pasti akan dipenuhi dengan berbagai hal-hal. Terlebih hal negatif, seperti takut melakukan kesalahan. Melakuan meditasi pikiran ternyata bisa membantumu atasi hal ini. Latihan untuk mengontrol pernapasan selama 10 hingga 15 menit dapat memblokir pemikiran negatif dan mengarahkan otak kita untuk fokus ke sesuatu yang dapat dikontrol yakni napas kita.

3. Dorong Motivasi Positif Bagi Dirimu

Biasanya, kritik terbesar bukan datang dari orang lain, melainkan diri sendiri. Selain itu, motivasi terbesar juga datang dari dirimu sendiri. Saat rasa cemas itu datang menyerang, tidak ada salahnya untuk berbicara kepada diri sendiri, memberikan kata-kata positif agar membangkitkan rasa percaya diri serta mengurangi pemikiran negatif.

4. Lakukan Persiapan Ideal

Saat turnamen sedang berlangsung, kita hanya bisa melakukan yang terbaik, terlepas dari apapun hasilnya nanti. Melakukan persiapan secara maksimal sebelum turnamen tentu akan membantu kita untuk lebih percaya diri dan mengurangi rasa gugup. Otakmu juga akan merasa lebih tenang jika telah mempersiapkan segala hal secara ideal. 

5. Tidur dan Makan yang Cukup

Ini adalah hal yang mungkin cukup sulit diperbaiki oleh beberapa pemain muda. Beristirahat dengan cukup akan memberikan waktu bagi otakmu agar dapat lebih fokus dan berfungsi secara maksimal. Terlebih lagi, makanan yang sehat akan memberikan asupan nutrisi yang cukup bagi tubuhmu serta membantu dalam mengurangi rasa gugup serta cemas. 

6. Cari Tahu Akar Masalah dari Rasa Cemas

Saat rasa cemas mulai menyerang, ada baiknya daripada berusaha menyangkalnya mending cari tahu akar masalah kenapa rasa tersebut muncul. Ini dapat menjadi solusi yang terbaik ke depannya. Mulai mengatasi akar permasalahan akan sangat membantu sebelum masalah tersebut memakan semua energi di otakmu.

7. Tingkatkan Pengalaman

Semakin banyak kamu melakukan latihan dan terbiasa, rasa percaya diri kamu akan meningkat. Kebanyakan orang tidak tahu masalah yang disebabkan oleh rasa cemasnya ini dapat diatasi dengan latihan yang rutin. Bisa melalui berbagai turnamen LAN, kalah atau menang, hingga mencari tim professional untuk belajar mengatur stres.

Selain diperuntukkan bagi para atlet esports muda yang baru terjun ke dunia kompetitif, tips ini juga berguna bagi mereka yang masih amatir untuk latihan mengatur dan mengatasi rasa cemas dan stres berlebihan yang datang saat ingin mengikuti kompetisi. Apalagi ketika berhadapan dengan tim yang lebih kuat. 

Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, apakah kamu punya pengalaman serupa?