ASUS ROG Zephyrus M GA502DU, Paten untuk Gaming dan Kerja!

Basitullah
06/11/2019 21:52 WIB
ASUS ROG Zephyrus M GA502DU, Paten untuk Gaming dan Kerja!

Awal mula diperkenalkan tahun 2016 silam, ROG Zephyrus memang sudah jadi seri laptop dari Republic of Gamers yang tampil berbeda. Disaat semua produsen terfokus pada laptop gaming yang mampu berikan performa tinggi dengan bodi tebal, ASUS justru lawan arah dengan menyajikan sebuah laptop gaming portabel tipis dan tetap sangat mumpuni untuk penuhi kebutuhan bermain gim.

ASUS ROG Zephyrus M GA502DU tampil untuk menjawab permasalahan dari mobilitas Sobat Esports saat harus improve skill kamu dimanapun berada. Sebagai bagian dari keluarga ROG Zephyrus, laptop gaming ini mempertahankan bentuknya yang ramping dan mudah dibawa bepergian. Selain itu, ROG Zephyrus M GA502DU juga hadir dengan spesifikasi kelas gaming yang performanya tidak diragukan lagi serta baterai berkapasitas lebih besar untuk menunjang mobilitas penggunanya.

Dari sisi penampilan, ROG Zephyrus M GA502DU miliki bodi yang dibalut dengan warna hitam khas laptop gaming. Bedanya, laptop ini tidak tampil mencolok seperti laptop gaming pada umumnya. Desainnya simpel dengan sebuah logo ROG di belakang layarnya yang bahkan tidak dilengkapi dengan LED. Backlight pada keyboard yang kamu kira akan RGB, tak juga berlaku untuk laptop ini. Sehingga membuat ROG Zephyrus M GA502DU justru seperti laptop yang biasa yang digunakan oleh para profesional.

Alasan ROG Zephyrus M GA502DU mampu penuhi mobilitas Sobat Esports, karena dimensi bodinya hanya 36 x 25,2 x 1,99cm dengan bobot hanya 2,1kg. Charger laptop ini juga terbilang mungil dan mudah untuk dibawa bepergian dibandingkan charger saudaranya. Sedangkan bentuknya yang ramping berkat penggunaan bezel tipis pada layarnya melalui teknologi Zuper Narrow Bezel.

Meski ramping, laptop gaming ini dilengkapi dengan fasilitas port yang cukup lengkap. Selain USB Type-A dan Type-C yang jumlahnya hingga empat port, terdapat juga combo audio jack dan HDMI. Sebagai tambahan, ROG Zephyrus M GA502DU juga dilengkapi dengan port LAN jika Anda membutuhkan koneksi yang lebih stabil dari WiFi.

Tidak hanya dari sisi bodi dan port, bahkan keyboard laptop ini pun dirancang agar nyaman digunakan untuk bekerja. Selain hadir dengan layout seperti keyboard PC desktop, keyboard pada ROG Zephyrus M GA502DU juga dilengkapi dengan beragam shortcut dan tombol khusus untuk mengatur suara. Sementara untuk kebutuhan gaming, keyboard di ROG Zephyrus M GA502DU telah dilengkapi dengan teknologi Overstroke dan N-Key Rollover yang membuat setiap input ditampilkan dengan akurat.

Di bawah keyboard ROG Zephyrus M GA502DU juga terdapat touchpad dengan ukuran yang cukup besar. Touchpad tersebut mendukung fitur multi-touch dan gesture agar penggunanya tetap dapat produktif ketika menggunakan laptop gaming ini tanpa mouse. Agar tetap dapat digunakan dalam kondisi gelap, keyboard laptop gaming ini juga dilengkapi dengan LED backlight.

FITUR ROG ZEPHYRUS M GA502DU

Sebelum berbicara performa, tentu kita harus melihat fitur gaming apa saja yang ditawarkan oleh ASUS ROG kali ini di ROG Zephyrus M GA502DU, dimulai dari sistem pendinginnya. Sistem pendingin merupakan salah satu kunci utama agar sebuah laptop gaming dapat memiliki performa tinggi. Pasalnya komponen laptop gaming menghasilkan panas yang lebih tinggi, otomatis diperlukan sebuah sistem pendingin khusus yang dapat menjaga suhu tiap komponen sehingga tetap dapat berfungsi dengan baik.

ROG Intelligent Cooling System yang digunakan di ROG Zephyrus M GA502DU dibekali dengan fitur khusus seperti Anti-Dust Cooling. Sesuai dengan namanya, Anti-Dust Cooling merupakan fitur yang memungkinkan debu agar tidak terperangkap di dalam sistem pendingin ASUS ROG Zephyrus M GA502DU. Debu tersebut akan dibuang secara otomatis melalui terowongan khusus. Fitur ini hanya terdapat di lini laptop gaming ASUS dan dapat mencegah overheat. Sobat Esports bahkan bisa mengontrol sistem pendingin di ROG Zephyrus M GA502DU melalui aplikasi Armoury Crate yang akan dibahas lengkap di bagian selanjutnya.

Selanjutnya, fitur Armoury Crate sebagai pusat komando untuk mengendalikan semua fitur di ASUS ROG Zephyrus M GA502DU membuatmu mampu mengatur performa sesuai dengan kebutuhan. ASUS sendiri sudah menyediakan empat preset yang bisa digunakan, seperti Windows, Silent, Performance, dan juga Turbo. Dimana tiap preset sudah diatur untuk disesuaikan dengan kebutuhan Sobat Esports dalam berbagai kondisi pemakaian, saat santai, di tengah kesibukan video atau photo editor, main gim AAA atau kamu ingin mengatur manual performa GPU dan juga CPU.

Fitur unggulan lainnya, audio ASUS ROG Zephyrus M GA502DU semakin baik berkat adanya tools Sonic Studio yang punya beberapa preset, seperti Music dan Gaming. Tentu bisa diatur lewat Armoury Crate dan disesuaikan dengan kebutuhan Sobat Esports. Lebih dalam, tentu kamu juga bisa atur input audio lewat fitur bernama Record Studio yang yawarkan fasilitas Noise Reduction, Volume Stabilizer, Acoustic Echo Cancellation, hingga Voice Equalizer yang bisa dikustomisasi.

PERFORMA KENCANG KHAS ROG

Setelah panjang lebar membahas fitur dan fasilitas yang ditawarkan, performa tentu wajib juga dipantau agak kamu bisa memaksimalkan penggunaan ASUS ROG Zephyrus M GA502DU. Sebagai laptop Zephyrus pertama yang menggunakan prosesor AMD Ryzen (Ryzen 7 3750H), ASUS ROG Zephyrus M GA502DU andalkan NVIDIA GeForce GTX 1660Ti dengan VRAM GDDR6 sebesar 6GB. Lengkapi dua komponen tersebut, RAM DDR4 2666MHz sebesar 8GB (embedded) sekaligus M.2 PCle Gen3 x2 SSD berkapasitas 512GB, jadi penunjang maksimalnya performa laptop gaming ini.

Kombinasi semua komponen tersebut membuat ASUS ROG Zephyrus M GA502DU mampu taklukkan gim AAA paling modern sekalipun, seperti Tom Clancy's Ghost Recon: Breakpoint. Atas hasil ini, sudah pasti semua gim esports di pasaran akan sangat lancar untuk dimainkan dan menunjang performa Sobat Esports dalam mengalahkan setiap lawan yang ada.

Hal penting yang tidak boleh luput dari pembahasan adalah ketahanan baterai dari ASUS ROG Zephyrus M GA502DU. Cukup mengejutkan, diuji menggunakan PCMark 8 baterai laptop gaming mampu bertahan hingga 5 jam 36 menit. Ketahanan baterai tersebut tentu sangat baik untuk sebuah laptop gaming yang bahkan dapat menyaingi beberapa laptop hemat daya dan ultrabook. Gunakan SSD, laptop gaming ini tetap kencang meski saat digunakan tanpa terhubung ke sumber listrik.

KESIMPULAN

ASUS ROG Zephyrus M GA502DU memang bukan laptop gaming paling kencang atau paling portabel. Meski demikian, laptop gaming ini merupakan salah satu yang paling "versatile" dan dapat diandalkan di berbagai skenario penggunaan.

Bekerja secara mobile di cafe ataupun co-working space? ROG Zephyrus M GA502DU yang ringkas dan memiliki daya tahan baterai panjang dapat dijadikan andalan. Apalagi adapternya juga memiliki bentuk yang ramping, tidak lagi tebal dan berat seperti pendahulunya.

Bagaimana kalau diajak bermain game? Jika Anda sudah membaca bagian sebelumnya dengan seksama, seharusnya Anda tidak perlu mempertanyakan performa laptop gaming yang satu ini. Ya, ROG Zephyrus M GA502DU memang sulit mempertahankan framerate di 60 fps untuk game AAA di pengaturan grafis maksimal. Namun pengalaman bermain yang ditawarkan masih sangat baik. Bahkan untuk para penggemar eSports, ROG Zephyrus M GA502DU sudah dilengkapi dengan layar 120Hz.

Terkait harga, ASUS ROG Zephyrus M GA502DU dibanderol dengan harga 20.299.000 IDR. Tertarik untuk membelinya Sobat Esports?