Developer Manado Rilis Genre Esports Baru Lewat Detasemen 9!

Rendy Lim
22/05/2020 14:00 WIB
Developer Manado Rilis Genre Esports Baru Lewat Detasemen 9!
Indo Pride nih Sobat Esports! Pastikan kamu beri dukungan yah

Big Dade, developer game asal Manado baru saja mengumumkan peluncuruan game terbarunya yang berjudul Detasemen 9. Melalui game ini, Big Dade ikut memperkenalkan genre baru di dunia esports yang disebut Mobile Cover Shooter (MCS). Saat ini Detasemen 9 sedang memasuki masa uji coba beta tertutup (CBT) dan direncanakan rilis pada 17 Agustus 2020 di sistem operasi Android. 

Detasemen 9 menawarkan sensasi pertempuran yang mengharuskan pemain pintar mencari perlindungan dan menembak dari baliknya. Pergerakan, pengalihan perhatian, strategi serta kerjasama tim menjadi elemen yang tak kalah penting dari kemampuan menembak. Pemain juga harus bisa mengatur amunisi karena jumlahnya terbatas dan tidak bertambah selama pertandingan berlangsung. 

Game karya developer anak bangsa ini juga membawa pemain untuk menikmati keindahan alam dan budaya Indonesia melalui visual lokasi, barang in-game, hingga aransemen musik. Produk buatan Indonesia, ternasuk senjata, pakaian serta peralatan lainnya akan diperkenalkan beserta konsep-konsep kebangsaan dan perdamaian yang menjadi latar belakang game ini. 

“Kami bekerja sama dengan beberapa tim esports untuk menyediakan digital merchandise
dalam game ini, seperti jersey yang dapat digunakan oleh fans di dalam permainan,” ungkap Andria Wahyudi, CEO Big Dade. Ia berharap, penjualan digital item bisa menjadi model bisnis tambahan bagi tim esports Indonesia yang saat ini sedang berkembang.

Andria juga berharap agar game ini dapat menjadi tonggak sejarah baru industri game di
Indonesia. “Saat ini diperkirakan ada sekitar 40-60 juta pemain game esports di Indonesia, tapi
sayangnya gim yang populer saat ini bukan merupakan game buatan lokal. Detasemen 9
mencoba mengambil pasar ini dan memenangkan persaingan di dalam negeri,” ungkap Andria.

Direktur Fasilitasi Infrastruktur TIK Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Muhammad Neil El Himam, menyatakan “Selain menambah daftar game buatan Indonesia yang berkualitas dan dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri, hadirnya Detasemen 9 juga berpotensi membuka jalan bagi game Indonesia untuk dipertandingkan di arena esports tingkat nasional seperti Piala Presiden esports dan Baparekraf Game Prime maupun turnamen di tingkat internasional.”

Detasemen 9 sendiri saat ini dikembangkan oleh delapan orang yang masing-masing individunya berasal dari berbagai later belakang, mulai dari akademisi, mahasiswa, polisi, hingga anggota TNI yang memiliki tujuan memperkenalkan keindahan alam dan budaya Indonesia ke mata dunia. 

Wah, Indonesia punya game esports karya anak bangsa baru nih selain Lokapala yang baru saja dirilis kemarin. Bagaimana Sobat Esports, apakah kamu tertarik untuk mencoba Detasemen 9 nanti saat rilis?