IES Ligagame

[Review] Rexus TWS FX1, Sensasi Baru Earphone Wireless Anti Delay

Michael
03/07/2020 20:40 WIB
[Review] Rexus TWS FX1, Sensasi Baru Earphone Wireless Anti Delay
Rexus TWS FX1

Perangkat audio merupakan hal yang paling penting untuk gamer. Seiriing dengan semakin berkembangnya teknologi, penggunaan perangkat audio pun mulai bergeser, dari headset, earphone hingga kini yang terbaru True Wireless Stereo (TWS). Praktis dan mudah dibawa kemana-mana (mobile), menjadi alasan kenapa TWS digemari saat ini dan di masa mendatang. Kali ini tim ESPORTS ID akan mengulik lebih dalam Rexus TWS FX1, layakkah produk ini jadi pilihan kalian? Simak saja reviewnya berikut ini.

Desain dan Fitur

Mobilitas dan praktis menjadi hal utama yang diusung dalam desain Rexus TWS FX1. Dengan berat hanya 5 gram, tentu akan membuat gamer nyaman menggunakannya dan mudah dibawa kemana saja. Rexus TWS juga didukung oleh teknologi One-key Operation yang memungkinkan pengoperasian beragam fungsi komunikasi dalam satu tombol. 

Satu lagi fitur menarik Rexus TWS FX1 adalah mudahnya mengisi ulang (charge), yakni, hanya dengan memasukkan kembali ke dalam kotak kemasan dan secara otomatis baterai akan terisi.

Rexus TWS FX1 membenamkan chip berteknologi terbaru di masing-masing in-ear earphone yang bekerja secara independen maupun simultan. Dengan teknologi ini, masing-masing in-ear earphone dapat digunakan satu sisi maupun dua sisi sekaligus, dengan kemampuan mereduksi gangguan sinyal radio secara optimal.

Rexus TWS FX1 mengusung Bluetooth 5.0 dengan chipset terkini, PAU1606 yang disinyalir mendukung experience main game dengan latensi yang sangat minim, hingga “zero delay”. Rexus TWS FX1 dapat mereduksi latensi suara audio hingga 65mikrodetik dan latensi mikrofon hingga 38mikrodetik (jauh lebih rendah dari rata-rata latensi TWS yang biasanya berkisar di atas 200mikrodetik).

Untuk kualitas suara stereo Rexus TWS secara optimal yang akan sangat terasa di telinga. Dukungan desain revolusiner ruang produksi suara berdiameter 6mm dan driver dengan membran PEEK Biofilm menyajikan suara yang detil dan seimbang.

Spesifikasi Teknis 

Model: Dual Wireless In-earphone
Tipe: True Wireless Bluetooth In-ear Rexus TWS
Chipset Bluetooth: PAU1606 untuk komunikasi tanpa delay
Versi Bluetooth: 5.0
Jangkauan Bluetooth: 10m
Diameter driver: 6mm
Material membran: PEEK Biofilm
Kapasitas baterai earphone: 45mAh x 2
Kapasitas kotak pengisi daya: 300mAh
Waktu operasional: 4.5 jam
Waktu siaga: 75 jam
Berat bersih: 5gram x 2.

Performa

Pertama mengetesnya tentu proses menyambungkan TWS FX1 ke perangkat yang ingin digunakan. Prosesnya sangat mudah layaknya mengaktifkan Bluetooth ke device baru dari platform, bisa pc atau smartphone. Fitur one-key-operation pun sangat berguna dan membuat penggunaannya semakin mudah. Kita bisa dengam mudah melakukan berbagai aktivitas seperti menerima telepon, menolak bahkan auto redial dengan fitur tersebut.

Berikutnya yang tak kalah penting tentu saja kualitas suara yang dihasilkan oleh Rexus TWS FX1. Kuliatas suara cukup stereo terdengar jelas, meskipun sedikit nyaring. Mencobanya di game fps terbaru, Valorant, step musuh terdengar jelas, dan komunikasi audio dengan rekan setim pun lancar tanpa delay. Begitupun kala mendengarkan musik, kualitas suara yang dihasilkan cukup baik.

Bentuknya yang kecil dan ringan pun membuat kuping tidak mudah lelah dan bisa dipakai berjam-berjam. Ketahanan baterai pun cukup terjamin dengan kapasitas 300mAh dan daya pakai hingga 4,5 jam.

Kesimpulan:

(+) Bentuknya Mungil dan Ringan, sehingga mudah dibawa kemana saja dan nyaman digunakan.

(+) Proses sinkronisasi sangat mudah

(+) Kestabilan dan kualitas suara stereo dan tanpa delay

(+) Harga cukup terjangkau

(+) Fitur one-key-operation sangat membantu penggunaan

(-) Sayangnya tim Esports ID belum menemukan kekurangan dari produk ini selain bentuknya yang kecil dan mudah terselip saat menaruh 😊

Rexus TWS FX1 akan dibanderol Rp. 549.000, namun selama masa promosi bisa dibeli dengan harga menarik, Rp. 399.000. di toko belanja online, seperti Shopee, Tokopedia atau website resmi REXUS. Rexus TWS FX1 layak untuk dijadikan pilihan kalian yang membutuhkan mobilitas tinggi dan kenyamanan dalam menggunakan perangkat audio (earphone).