Mengenal Istilah "Buta Map", Apa Penyebab dan Cara Mengatasinya?

Billy Rifki
21/08/2020 11:22 WIB
Mengenal Istilah "Buta Map", Apa Penyebab dan Cara Mengatasinya?
Esports.ID

Dalam game esports khususnya MOBA, pemain disajikan beberapa info seperti mini-map. Denah zona bermain kecil ini terletak dipojok layar guna memberi tahu posisi kawan, lawan dan area-area monster hutan. Peta ini sangat bermanfaat sebagai penanda gerakan musuh serta memberitahukan seberapa jauh kamu dengan rekan setim.

Untuk beberapa pemain, terutama pemula, mini-map kerap diabaikan. Sampai-sampai pemain yang tak menguasai skill membaca peta sering dibilang "buta map". Salah satu contohnya adalah pemain yang asik farming tak menghiraukan teman disekitarnya berjibaku dengan lawan. Memang, teknik membaca map butuh dilatih agar terbiasa. Berikut Esports.ID berikan penyebab pemain MOBA kerap buta map dan bagaimana cara mengatasi kurangnya map awareness.

PENYEBAB BUTA MAP

- PEMAIN PEMULA

Gamer baru yang masih terhitung hari, minggu bahkan bulanan bisa dipastikan kurang kemampuan membaca peta. Mereka fokus pada penguasaan mekanik hero, menghapal jurus-jurus atau dengan kata lain menguatkan mikro skill. Membaca map adalah salah satu teknik dasar makro gameplay. Kurangnya aspek Ini yang menyebabkan pemain baru kerap salah ambil keputusan.

Dengan tidak melihat map secara baik, mereka melakukan inisiasi seenaknya, tidak mengetahui kalau musuh sudah bersiap memberi bantuan dari belakang atau terciduk oleh pergerakan sunyi lawan yang menunggu dibalik rumput atau hutan. Mereka juga belum menguasai skill menggeser layar, baik itu di MOBA smartphone atau PC, menggeser layar atau peta punya tujuan strategis mendeteksi lokasi musuh atau arah perginya mereka.

- PEMAIN "AUTIS"

Autis di sini bukan merujuk pada disfungsi kesehatan seseorang melainkan pemain tersebut memilih dengan sengaja tak menghiraukan teman disekitarnya. Pemain seperti ini sangat egois, lebih mementingkan farm diri sendiri, takut melawan musuh karena item belum jadi, dan lebih mengesalkan, ia baru datang setelah pertempuran usai hanya untuk ikutan terbunuh lalu mencemooh tim.

Sikap ini berbeda dengan pemain yang melakukan split push. Pemain yang mencuri kesempatan merobohkan tower atau turret telah melihat peta lebih dulu, mempertimbangkan kekuatan tim dan lawan serta seberapa lama pertempuran terjadi. Ia kemudian bergegas ke jalur kosong, mendorong pasukan secepat mungkin lalu melarikan diri ketika ada indikasi musuh balik untuk bertahan. Bila musuh terlihat bimbang, kalian bisa meneruskan push sampai tinggal struktur utama menghadang lalu menghancurkan bangunan tersebut tanpa perlawanan.

Semua ini butuh pemahaman map yang baik serta pertimbangan hasil dari melihat map. Kalian tak perlu menggeser layar untuk meyaksikan detil pertempuran seperti apa, cukup melirik di mini-map, membaca infografis yang ada seperti jumlah pemain lawan dan kawan yang tersisa, seberapa sehat musuh untuk terus bertempur atau balik. Bila kalian mengetahui ada satu musuh yang pulang, kalian bahkan bisa membunuh mereka bila percaya diri dengan kekuatan hero yang sedang digunakan, lalu terus melakukan push sampai musuh kalap sendiri.

- CARA MENGATASI BUTA MAP

Untuk melatih kemampuan kalian membaca mini-map, mau tak mau kalian harus terbiasa mengecek mini-map. Rutinkan pencet ikon map, geser-geser layar, gerakan ke arah musuh atau teman. Lakukan perlahan di tempat yang aman saat bermain agar karakter kalian tidak terkena ciduk, karena movement kalian pasti agak kaku kalau baru mencoba.

Setelah intensitas buka map lebih sering, lakukan lebih cepat, geser-geser layar dan gunakan fitur penanda. Dalam game DOTA 2, kamu bisa membuat garis-garis di mini-map untuk menunjukan arah lawan atau pergerakan dirimu selanjutnya. Di Mobile Legends, kalian bisa mendengar suara musuh memukul atau suara recall bila kalian mengarahkan map dengan tepat ke musuh yang tersembunyi di fog of war.


Spion motor dan mini-map punya fungsi serupa, membantu meningkatkan kewaspadaan di sekitar.

Kalian bahkan bisa melatih kewaspadaan map tanpa bermain game sekalipun. Seharusnya, bila kamu mengendarai motor atau mobil, menggunakan kedua spion adalah teknik berkendara yang wajib dikuasai. Kalian bisa mengibaratkan mini-map seperti spion tersebut. Segala pergerakan yang terjadi dalam in-game bisa kalian ketahui atau setidaknya bayangkan berkat mini-map. Jadi, kalau kamu masih nengok kebelakang saat memakai motor, sebaiknya mulai pelajari berbelok dengan spion supaya map awareness kamu lebih baik dalam permainan.

Selain itu, kamu bisa belajar dari temanmu yang lebih jago. Kenali apa saja yang perlu diperhatikan dari map dan bagaimana cara membaca pergerakan lawan. Ketika kamu mulai mengerti, setiap permainan di MOBA bakal membentuk sebuah pola yang bisa kamu jadikan pedoman langkah apa saja yang perlu kamu lakukan di early, mid dan late game. Game-mu bakal lebih mudah bila teknik ini sudah kamu kuasai.

Itu dia beberapa manfaat membaca mini-map. Apa saran sobat Esports untuk teman-teman lain yang kurang jago baca peta?