Timnas Esports Indonesia Bakal Tampil di IESF World Championship 2020

Billy Rifki
12/08/2020 10:40 WIB
Timnas Esports Indonesia Bakal Tampil di IESF World Championship 2020
press release IESPA

Tanggal 11 Agustus kemarin, Kesekjenan IESPA Pusat telah mengumumkan proses entry by number untuk ajang single event tahunan yang diadakan oleh International Esports Federation alias IESF telah rampung. Proses ini lazim dilakukan oleh sebuah induk olahraga olahraga ketika akan berlaga pada single atau multi event. 

Pada IESF World Championship 2020, IESPA melakukan input untuk seluruh nomer yang dipertandingkan pada ajang tersebut yakni DOTA 2, eFootball PES 2020 dan Tekken 7. Untuk tiap cabang, jumlah atlet yang dikirimkan berbeda. DOTA 2 misalnya dikirimkan 5 atlet, PES 1 orang dan Tekken 1 perwakilan.

Kesempatan ini mungkin sulit dilakukan oleh organisasi lain. Bukan kebetulan IESPA mampu mendaftarkan diri pada ajang ini, mereka telah jadi anggota IESF selama sejak tahun 2013. Selama 7 tahun jadi anggota, IESPA sudah 4 kali berpartisipasi pada IESP World Championship di tahun 2015, 2016, 2018 dan 2019.

Prana Adisapoetra, selaku Sekjen IESPA mengatakan "Ajang IESF World Championship merupakan ajang bergengsi sebagai wadah kompetisi esports tertinggi di level dunia dibawah binaan federasi internasional. IESF saat ini beranggotakan 71 negara anggota sehingga World Championship tahun 2020 akan sangat kompetitif "

Rencananya, IESF World Championship 2020 bakal diselenggarakan di kota Eilat, Israel sebagai tuan rumah pada tanggal 6-12 Desember 2020. Biasanya, sebelum pandemi berlangsung setiap negara anggota berhak langsung mengirimkan delegasi ke fase Grand Final, namun untuk menyesuaikan sitasi Covid-19 maka format kompetisi diubah dengan diadakan penyisihan regional pada Oktober sampai November secara online, para pemenang kemudian baru berangkat ke Israel untuk Grand Final.

Hal ini tiada lain guna mencegah resiko penularan Covid-19 dan mematuhi protokol kesehatan. IESPA bakal berkordinasi dengan Kemenporan dan NOC untuk pelaksanaan kualifikasi dan seleksi tim nasional esports untuk IESF World Championship 2020.